Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
ANGKATAN LAUTTNI

DANLANTAMAL III JAKARTA HADIRI RAKORNAS HIDROGRAFI TAHUN 2024

Avatar photo
31
×

DANLANTAMAL III JAKARTA HADIRI RAKORNAS HIDROGRAFI TAHUN 2024

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

TNI AL-Dispenlantamal3.

MetropolitanPost.id – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Hidrografi tahun 2024 dengan tema “Pentingnya Hidrografi untuk Mendukung Pertahanan dan Pembangunan Maritim Nasional” yang dibuka oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla. dan keynote speech Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) RI Luhut Binsar Pandjaitan, M.P.A., bertempat di gedung Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (25/06/2024).

Example 300x600

Kasal dalam sambutannya mengatakan “Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia yang menghubungkan Samudera Pasifik dan Samudera Hindia, Indonesia memiliki posisi penting di kawasan regional dan internasional. Luas wilayah perairan Indonesia dan seluruh kandungan sumber daya alam di dalamnya telah memberikan manfaat tak terhingga bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia. Namun demikian, kekayaan yang melimpah tersebut juga membawa konsekuensi strategis yang sangat besar. Berbagai ancaman maritim di bidang pertahanan, kemanan dan keselamatan navigasi bagi seluruh pengguna laut, baik domestik maupun internasional menjadi tantangan utama terhadap kredibilitas bangsa Indonesia sebagai negara maritim yang berdaulat”.

Selanjutnya Kasal menjelaskan “Untuk menghadapi tantangan strategis tersebut, Pusat Hidro-Oseanografi Angkatan Laut (Pushidrosal) sebagai bagian integral dari TNI Angkatan Laut turut berperan penting dalam upaya kolektif menjaga kedaulatan, keamanan dan keselamatan di laut melalui dua peran sentralnya yaitu sebagai Lembaga Hidrografi Militer dan Lembaga Hidgrografi Nasional. Sebagai Lembaga Hidrografi Militer, Pushidrosal menyediakan dukungan data dan informasi hidro-oseanografi untuk mendukung tugas pertahanan matra laut, diantaranya survei pemetaan bawah air aspek militer untuk kebutuhan peperangan kapal selam yang bersifat rahasia. Sedangkan sebagai Lembaga Hidrografi Nasional, Pushidrosal mengemban tugas menyediakan layanan hidrografi di perairan Indonesia dan yurisdiksi nasional yang bersifat umum dan terbuka. Hal ini dilakukan melalui pembuatan peta laut Indonesia dan publikasi nautika untuk mendukung keselamatan dan keamanan pelayaran sesuai Safety of Life at Sea (SOLAS) 1974, termasuk mendukung penataan pipa dan kabel bawah laut”.

Sebelum mengakhiri sambutannya Kasal menekankan “Kepada seluruh peserta Rakornas Hidrografi tahun 2024 agar memanfaatkan kegiatan ini untuk menghasilkan rumusan-rumusan yang konkret dan aplikatif untuk memajukan hidrografi Indonesia, terutama dalam mendukung program prioritas nasional dan mewujudkan Indonesia sebagai negara maritim yang maju, mandiri, dan sejahtera. Atas nama keluarga besar TNI Angkatan Laut, saya mengucapkan selamat Hari Hidrografi Dunia tahun 2024, Jalesveva Jayamahe, justru di laut kita jaya”.

(Dispen Lantamal III Jakarta)

Red. Yeni

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *