Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
NASIONAL

Kelabui Petugas, Sebut Paket Isi Alat Dekorasi, Ternyata Berisi Reptil

Avatar photo
11
×

Kelabui Petugas, Sebut Paket Isi Alat Dekorasi, Ternyata Berisi Reptil

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

 

Example 300x600

Kelabui Petugas, Sebut Paket Isi Alat Dekorasi, Ternyata Berisi Reptil

 

Merauke, Cosmopolitanpost.com

 

Penyelundupan satwa lKelabui Petugas, Sebut Paket Isi Alat Dekorasi, Ternyata Berisi Reptil9iar ke luar Papua masih terus terjadi sampai saat ini. Yang terbaru, terjadi di Bandara Mopah, Merauke pada Selasa pagi (1/2).

Hal bermula, saat pemilik รจ mengirim paket tujuan Cirebon melalui jasa ekspedisi Lion Parcel, dengan menyebutkan isi paket alat dekorasi. Ketika melalui mesin x-ray cargo terlihat reptil.

Untuk memastikan isi paket, Pejabat Karantina Merauke yang bertugas, bmembuka paket yang dibungkus kardus tersebut dengan disaksikan TNI AU, Avsec, Jasa Ekspedisi, Karantina Ikan dan stakeholder lainnya.

“Total enam ekor reptil hendak diselundupkan, terdiri dari satu ekor ular sanca bibir putih utara (Leio Phyton Albertisi), satu ekor ular sanca air coklat (Liasis Fuscus), dan 4 ekor biawak argus monitor (Varanus Panoptes),” ungkap Anas Mardiansyah, Paramedik Karantina Hewan Terampil saat memberikan keterangan.

Dalam hal ini, pemilik telah melanggar Pasal 35 UU No. 21 Tahun 2019 tentang Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan dengan tidak melaporkan dan menyerahkan media pembawa ke pejabat Karantina.

“Sebenarnya bila diurus sesuai prosedur, dua ekor ular bisa dilalulintaskan yaitu dengan mengurus SATS-DN di BKSDA Merauke dan Sertifikat Kesehatan di Karantina Pertanian” ungkap Irianca Jalil selaku Koordinator Wasdak Karantina Merauke.

Untuk satwa-satwa yang dilindungi, tidak diperbolehkan untuk dilalulintaskan atau dikomersialkan.

“Biawak argus monitor, termasuk satwa dilindungi. Sehingga tidak bisa mendapatkan SATS-DN” tambah Jalil.

“Untuk selanjutnya barang bukti diamankan di kandang penahanan Karantina Pertanian Merauke, menunggu proses lidik” tutup Jalil.

#PatuhKarantina
#KarantinaPertanianMerauke

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *