Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
OPINI

KONSISTENSI POLITIK DAN KEAMANAN BAROMETER KEKUATAN EKONOMI

Avatar photo
31
×

KONSISTENSI POLITIK DAN KEAMANAN BAROMETER KEKUATAN EKONOMI

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

KONSISTENSI POLITIK DAN KEAMANAN BAROMETER KEKUATAN EKONOMI

 

Example 300x600

Oleh: Amistan Purba

 

Konsistensi politik dan keamanan merupakan elemen utama dalam membangun perekonomian suatu negara. Konsistensi politik dan keamanan sangat penting dalam upaya menumbuhkan investasi, meningkatkan ekspor, memajukan daya saing, menaikkan pertumbuhan ekonomi. Impossible investasi itu mau masuk ke sebuah daerah dan ke sebuah negara jika konsistensi politik dan kemanan negara itu tidak kondusif. Karena itu, konsistensi politik dan kemanan barometer yang fundamental yang harus diamati agar kebijakan ekonomi di Indonesia bisa mencapai kemajuan.

Selain itu, konsistensi politik dan keamanan harus selalu diperhatikan agar negara tidak terganggu. Politik dan keamanan adalah elemen fundamental dalam negara demokrasi. Bilamana politik dan keamanan terganggu, maka negara akan terganggu, ekonomi juga akan terganggu. Jika ekonomi terganggu, maka pertumbuhan ekonomi tidak bisa diwujudkan. Andaikata politik dan keamanan tertata rapi, maka negara tertib, dan pertumbuhan ekonomi akan dapat diwujudkan. Karena itu, pentingnya konsistensi politik dan keamanan di tahun Pemilu 2024.

Presiden Joko Widodo juga memesankan, memasuki tahun politik supaya suksesi pesta demokrasi (pemilu tahun 2024) jangan sampai ada kegentingan dan tidak mengganggu pertumbuhan ekonomi nasional. Mengembalikannya (pertumbuhan ekonomi) itu sangat sulit sekali dalam posisi dunia yang tidak pasti, yang sulit diprediksi, yang sulit dikalkulasi seperti yang kita lihat saat ini, demikian pesan Presiden.

Penulis: Amistan Purba
Akademisi dan Pemerhati Ekonomi, Sosial & Politik.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *