TNI AL, Bintan

MetropolitanPost.id – Bertempat di kKampung Tanah Merah, Desa Penaga, Komandan Lanal Bintan mengikuti Peresmian sekaligus meresmikan Kampung Bahari Nusantara Tahun 2023, yang dilaksanakan secara Vicon dengan serentak bersama Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Markos di Sidoarjo Jawa Timur, dengan mengambil tema “Kampung Bahari Nusantara TNI AL Siap Mendukung Transformasi Ekonomi Masyarakat Maritim dan Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”, Senin (04/12/2023).

Dalam sambutan Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Muhammad Ali yang dibacakan oleh Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Markos mengatakan bahwa, sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki sumber daya alam maritim yang sangat berlimpah. Sumber daya alam tersebut harus dapat dimanfaatkan sepenuhnya untuk kesejahteraan rakyat Indonesia, terutama masyarakat pesisir. Cita-cita Poros Maritim Dunia harus didukung dan diwujudkan dalam semua bidang. Kehidupan pembangunan masyarakat pesisir dan kepulauan harus menjadi perhatian kita semua.

Program Kampung Bahari Nusantara TNI Angkatan Laut merupakan wadah untuk pembinaan wilayah pesisir, agenda ini bertujuan untuk memecahkan permasalahan ekonomi, kesehatan dan edukasi bagi masyarakat pesisir serta merupakan bentuk implementasi dari Bintahwilmar guna mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh serta kemenunggalan TNI dengan rakyat dalam mendukung sistem pertahanan Semesta.

Peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat pesisir melalui program Kampung Bahari Nusantara merupakan salah satu langkah untuk mendukung pencapaian beberapa program prioritas Nasional tahun 2023. Beberapa program prioritas tersebut antara lain memperkuat ketahanan ekonomi yang berkeadilan, meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing, serta memperkuat stabilitas politik hukum pertahanan dan keamanan, hal tersebut selaras dengan tema kegiatan kita yaitu “Kampung Bahari Nusantara TNI Angkatan Laut Siap Mendukung Transformasi Ekonomi Yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Masyarakat Maritim Yang Sejahtera”.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan pita sebagai tanda telah dibukanya rumah pintar di Kampung Bahari Lanal Bintan di Kampung Tanah Merah Desa Penaga Bintan, Penandatanganan prasasti oleh Danlanal Bintan serta pemberian sembako kepada masyarakat sekitar.

Pada kesempatan tersebut, Danlanal Bintan Kolonel Laut (P) Gita Muharam, M.Sc., menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas terlaksananya program Kampung Bahari Nusantara di Kampung Tanah Merah, Desa Penaga, dengan harapan program ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah pesisir. Pemerintah melalui TNI AL saat ini telah membantu memberikan bibit benih ikan gurami dan ikan patin sehingga bisa dibudidayakan oleh masyarakat sekitar serta telah membangun rumah pintar, dan telah disiapkannya buku-buku bacaan baik berupa buku bacaan agama serta buku bacaan lainnya,
sehingga anak-anak di kampung tersebut bisa memanfaakan keberadaan rumah pintar yang ada saat ini.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Danlanal Bintan Kolonel Laut (P) Gita Muharam, M.Sc., Kapolresta Bintan AKBP Riky Iswoyo, S.I.K., M.M., Dandim 0315/TPI diwakili, Pasops Kapten Inf Maswendra, Kafasharkan Fasharkan Mentigi diwakili Letkol Laut (T) Monang Malau, Pasops Lanal Bintan Mayor Laut (P) Eko Adi Susanto, Paspotmar Lanal Bintan Mayor Marinir Yuda Bakti, Pasintel Lanal Bintan Mayor Laut (P) Mugiono, Pasminlog Lanal Bintan Mayor Laut (T) Agung Wijayanto, A.Md., Danlanud RHF diwakil Kasenkom Kapten H Silaen, Satrad 213 TPI Letda Lek Winarko, Kastpolair Bintan Iptu Pol Harianto, Kapolsek Teluk Bintan Ipda Pol Bobby, Assisten III Bidang Administrsi Umum dr. Gama, Ketua Cabang 5 Korcab IV DJA I Ny. Tika Gita Muharam, Pengurus Cabang 5 Korcab IV DJA I, Lurah Kampung Tanah Merah Amrudin, dan Masyarakat Kampung Tanah Merah Desa Penaga Bintan.

(Pen Lanal Bintan)

Red. Yeni

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini