TNI AL, Kepulauan Anambas

MetropolitanPost.id – Diatas Geladak KAL Pulau Siantan I.4-52 di Perairan Tarempa, Komandan Lanal Tarempa Letkol Laut (P) Ari Sukmana, S.E., M.Tr.Opsla., pimpin pelaksanaan Upacara memperingati Hari Dharma Samudera dan Tabur Bunga , dengan tema ”Kobarkan Semangat Pertempuran Prajurit Jalasena Yang Tangguh, Profesional dan Modern”. Peringatan Hari Dharma Samudera di Lanal Tarempa diikuti oleh seluruh Prajurit Jalasena Lanal Tarempa baik Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS, Ketua Cabang 3 Korcab IV DJA I Ny. Tresna Ari Sukmana beserta Pengurus, Senin (15/1/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Komandan Lanal Tarempa membacakan amanat Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali pada peringatan Hari Dharma Samudera Tahun 2024 menyampaikan “Sejak Negara Kesatuan Republik Indonesia diproklamasikan, kesadaran akan kedaulatan wilayah laut sudah terpatri dalam sanubari para pendiri bangsa. Laut merupakan media pemersatu wilayah kepulauan yang didalamnya terkandung sumber kekayaan alam dan tempat penghidupan untuk mewujudkan kesejahteraan bangsa. Oleh karena itu, kedaulatan wilayah laut harus ditegakkan meski harus dibayar dengan pengorbanan jiwa dan raga”.

“Pada masa perang kemerdekaan, keterbatasan Alutsista bukan menjadi halangan bagi para Prajurit Jalasena untuk mempertahankan integritas wilayah laut dari ancaman Angkatan Laut musuh. Pada puncaknya, Pertempuran Laut Arafuru 15 Januari 1962, menjadi coretan tinta emas dalam lembar sejarah perjalanan bangsa Indonesia. Pekik “Kobarkan Semangat Pertempuran!!!”, yang digaungkan Komodor Yos Sudarso, menggambarkan heroisme para pahlawan sebagai pelopor semangat mewujudkan kemerdekaan bangsa. Peristiwa heroik tersebut bukan hanya sekedar peringatan sejarah, melainkan perwujudan semangat rela berkorban. Perjuangan mereka dalam memperjuangkan kepentingan bangsa diatas segalanya, tidak hanya menyingkap sejarah kejayaan bangsa maritim, namun menyiratkan betapa nilai-nilai luhur kepahlawanan merupakan jati diri sejati prajurit matra laut,” kata Danlanal Tarempa dalam amanat Kasal.

Diakhir amanatnya, Kasal menekankan kepada seluruh Prajurit Jalasena untuk dapat mengaktualisasikan nilai-nilai patriotisme, kejuangan, kepahlawanan dan kepemimpinan yang telah diwariskan oleh para pahlawan, sebagai landasan utama dalam menjawab setiap tantangan yang semakin kompleks di era digitalisasi sekarang ini. Pada kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh Prajurit Jalasena dimanapun berada dan bertugas, yang telah mempersembahkan dedikasi terbaik demi tegaknya kedaulatan dan keutuhan negara, serta keselamatan segenap bangsa.

Sementara itu, Komandan Lanal Tarempa menyampaikan kepada segenap Prajurit Jalasena Lanal Tarempa “Pedomani apa yang disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali dalam amanat yang saya bacakan. Sebagai generasi penerus, mari kita bersama-sama menjaga dan meneruskan perjuangan para Pahlawan Samudera, kita isi waktu-waktu dalam penugasan ini dengan hal-hal yang positif. Tingkatkan dedikasi dan profesionalisme serta terus gali ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang. Pahami tugas pokok Pangkalan TNI AL, perkuat soliditas antar prajurit dan jaga sinergitas antara TNI/Polri serta pemerintah daerah”.

(Pen Lanal Tarempa)

Red. Yeni

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini