Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
NASIONAL

Bakti Nuswantara Kerjasama Buka Lahan Pertanian di Subang

Avatar photo
10
×

Bakti Nuswantara Kerjasama Buka Lahan Pertanian di Subang

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

 

Example 300x600

Bakti Nuswantara Kerjasama Buka Lahan Pertanian di Subang

 

Subang, Cosmopolitanpost.com

 

Sabtu (12/02) lalu Tim dari DPP Bakti Nuswantara yang dipimpin oleh Bapak Kharles Simanjuntak bertandang ke Desa Belendung, Kabupaten Subang dalam rangka melihat lokasi lahan yang akan ditanami berbagai komoditas pertanian dan juga peruntukan budi daya ternak. Lokasi ini tidak jauh dari pintu keluar Subang di kilometer 109 jalan tol Cikopo – Palimanan. Sekitar 5 menit atau sejauh kurang lebih 3 kilometer.

Rombongan diterima oleh perangkat desa Belendung, antara lain Azis Mulyana (Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa-LPMD), Tono Hartono (anggota LPMD), dan lain-lain.

Kunjungan ini merupakan hasil dari keputusan rapat ormas Bakti Nuswantara dalam pemaparan program pada 10 Februari 2022. Rencana kerjasama lahan pertanian ini adalah salah satu kegiatan dalam program Desa Binaan yang diputuskan dalam Kerangka Program Bakti Nuswantara.

Ibu Aini Gebze sebagai kordinator program menyampaikan bahwa kegiatan ini disambut antusias oleh masyarakat karena sangat positif menjadi solusi kegiatan masyarakat yang terhenti karena pandemi.

“Harapan masyarakat bahwa pembinaan Bakti Nuswantara terhadap desa ini selain pertanian, juga peternakan kambing dan budi daya ikan. Hasilnya bisa dijual dan menjadi pendapatan tambahan warga. Selain itu karena benih, bibit, dan anakan ternak semua disumbangkan melalui Bakti Nuswantara sehingga masyarakat sangat terbantu dalam memulai pertanian dan peternakan ini,” sambung Ibu Aini.

Ketua LPMD Desa Belendung, Azis Mulyana, merespon program ini menyampaikan bahwa warga sangat berterimakasih mewakili kepala desa dan warga atas kegiatan ini karena menurutnya akan sangat berdampak bagi masyarakat.

“Merupakan suatu kebahagiaan dan saya bersyukur alhamdulillah, jika ada yang membantu walaupun agak dadakan, karena keadaan sekarang yang berada di dalam situasi pandemi.” Sambungnya lagi bahwa harapan masyarakat dalam kerjasama ini bisa lebih meningkat dan dapat mensejahterakan masyarakat Desa Belendung serta menjadi Pendapatan Asli Desa.

“Sehubungan karena Kepala Desa lagi ada kegiatan, saya mewakili beliau menyampaikan bahwa program ini akan dikerjasamakan dengan LPMD namun aktivitasnya akan diserahkan kepada masyarakat. Pengelolaannya akan dibagi menjadi 12 kapling sesuai jumlah Rukun Warga (RW) yang ada.”

Sesuai dengan jenis tanah di lokasi lahan pertanian, dilanjutkan oleh Azis, bahwa tanaman yang paling cocok ditanam antara lain: pepaya, jahe merah, kencur, lengkuas, dan rempah-rempah lainnya.

Bakti Nuswantara akan menyumbangkan bibit tanaman palawija, buah-buahan, tanaman herbal, anakan kambing sebanyak 10 ekor, bibit ikan, dan ayam pedaging. Masyarakat mengelola sendiri bibit dan ternak tersebut di atas lahan tanah desa (tanah bengkok) seluas 2 hektar, yang akan digemburkan terlebih dahulu. Khusus ternak kambing akan dikelola oleh kelompok tani ternak dengan sistem berganda, yaitu ternak yang disumbangkan akan dikembangbiakkan hingga bertambah jumlahnya lalu anakannya disumbangkan lagi ke kelompok lain. Begitu seterusnya hingga dapat berdampak berkali lipat.

Bendahara Umum Bakti Nuswantara, Ibu Mince Phieter, menambahkan bahwa ormas Bakti Nuswantara akan berusaha memperhatikan masyarakat yang terdampak pandemi covid-19 yang berkepanjangan. “Hal ini dilakukan untuk melepaskan sedikit ketergantungan terhadap pemerintah yang sebenarnya diharapkan, tetap tidak terlalu maksimal. Tentunya kita mengharapkan juga Bakti Nuswantara berkomitmen tinggi untuk membantu masyarakat dan para pelaku usaha yang terkena dampak.”

Kunjungan ini akan di-follow up dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk dapat segera mengeksekusi pemanfaatan lahan yang sudah disiapkan warga. Kharles Simanjuntak, Ketua Umum Bakti Nuswantara yang juga memimpin langsung kunjungan ini hingga akhir, menyampaikan bahwa kita akan segera menyiapkan proses administrasi untuk dapat mengakses bantuan bibit dan benih yang dibutuhkan. Harapannya bahwa proses yang akan dilakukan mendapat kemudahan karena niat yang baik ini. Kunjungan berakhir menjelang pukul 20.00 WIB dalam suasana gerimis.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *