Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
ANGKATAN LAUTTNI

DANLANTAMAL III JAKARTA MENGIKUTI SHALAT IDULADHA 1445 H/2024 M DI KOLAT KOARMADA I

Avatar photo
41
×

DANLANTAMAL III JAKARTA MENGIKUTI SHALAT IDULADHA 1445 H/2024 M DI KOLAT KOARMADA I

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

TNI AL–Dispenlantamal3.

MetropolitanPost.id – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. dan Ketua Koordinator Cabang (Korcab) III Daerah Jalasenastri Armada (DJA) I Ny. Neneng Harry Indarto melaksanakan Shalat Hari Raya Iduladha 10 Dzulhijjah 1445 H/2024 M yang dihadiri Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksdya TNI Erwin S. Aldedharma, S.E., M.M., M.Sc., dengan Imam shalat Iduladha Ustadz Farhan Imam tetap masjid Nurul Bahri dan Khotib Dr. K.H. Ahmad Zubaidi, M.A. Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat bertempat di lapangan sepak bola Kolat Koarmada I Kodamar, Jakarta Utara, Senin (17/06/2024).

Example 300x600

Khotib dalam khotbahnya mengatakan “Sejak tadi malam terdengar gema takbir, tahlil, dan tahmid saling bersahutan memenuhi ruang angkasa raya dalam menyambut Hari Raya Iduladha 1445 H/2024 M. Pada momentum Hari Raya Iduladha 1445 H/2024 M kali ini, mengingatkan kembali ingatan kita tentang keindahan ajaran agama Islam melalui ibadah yang hanya bisa dilaksanakan saat Iduladha pada bulan Dzulhijah yakni ibadah kurban. Hikmah spiritual yang terkandung di balik disyariatkannya ibadah kurban adalah menghidupkan makna dari pengorbanan yang begitu agung yang telah dialami oleh Nabi Ibrahim Alaihis Salam (AS) tatkala Allah Subhanahu Wata’ala (SWT) memberikan ujian agar menyembelih putranya Nabi Ismail AS. Kemudian Allah SWT menggantinya dengan sembelihan yang agung, yaitu seekor domba yang secara khusus Allah SWT turunkan dari surga kepada Nabi Ibrahim AS dan memerintahkan agar menyembelihnya. Hal itu setelah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS dengan sungguh-sungguh dan penuh kejujuran dalam melaksanakan perintah Allah SWT. Bagi kita umat Islam dengan berkurban berarti kita sudah bersyukur atas limpahan nikmat dari Allah SWT yang telah diberikan kepada kita dalam kehidupan sehari-hari, juga sebagai pelebur kesalahan, baik karena melakukan tindak pelanggaran atas larangan-Nya, atau ketidaksempurnaan dalam menjalankan perintah-Nya”.

Selanjutnya khotib menjelaskan “Hikmah sosial yang terkandung disyariatkannya ibadah kurban adalah berbagi kebahagiaan dan menyenangkan hati para kerabat, fakir miskin dan orang-orang yang membutuhkan. Serta makna sosial dari itu semua adalah guna memperkokoh ikatan persaudaraan antar masing-masing individu dalam kelompok masyarakat muslim dan menanam jiwa persatuan dan kasih sayang dalam lubuk hati dan sanubari mereka. Hikmah Iduladha adalah mengajarkan kepada kita untuk meningkatkan kepedulian sosial dan pengorbanan untuk kemanusiaan. Saling membantu dan menjaga di tengah beragam situasi sosial kemanusiaan yang sedang terjadi di sekitar kita. Oleh karena itu, peringatan Hari Raya Iduladha 1445 H/2024 M kali ini tidak sekedar dilihat sebagai ritual ibadah keagamaan semata, tetapi lebih dari itu menjadi pengingat bagi kita semua untuk selalu saling bergotong-royong membantu sesama khususnya masyarakat di sekitar kita”.

Hadir pada saat Shalat Hari Raya Iduladha 1445 H/2024 M adalah Laksamana TNI (Purn) Achmad Sutjipto Kasal periode 1999-2000, Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio, S.I.P., M.M. Kasal periode 2012-2014, dan Laksamana TNI (Purn) Yudo Margono, S.E., M.M., C.S.F.A. Kasal periode 2020-2022 dan Panglima TNI periode 2022-2023.

(Dispen Lantamal III Jakarta)

Red. Yeni

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *