Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BERITA

Indra Yeni Mengenal Lebih Jauh Keunikan Tenun Unggan Lansek Manih Sumatera Barat

Avatar photo
70
×

Indra Yeni Mengenal Lebih Jauh Keunikan Tenun Unggan Lansek Manih Sumatera Barat

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

 

Example 300x600

 

Indra Yeni Mengenal Lebih Jauh Keunikan Tenun Unggan Lansek Manih Sumatera Barat

 

 

Jakarta, Metropolitanpost.id

 

 

Satu karya menjadi daya tarik dari ajang karya kreatif Indonesia 2022 pada bulan mei yg lalu yang di selengarakan oleh Bank Indonesia, kain nusantara membuat masyarakat semangkin mencintai budaya lokal, salah satu
Tenun Unggan Lansek Manih Sumatera Barat

 

 

Dalam kesempatan tersebut, kain tenun dari Lansek Manih semenjak tahun 2016 dalam designer lokal ke tinggkat nasional.

 

Sebagai kain tradisional semakin menunjukkan jati dirinya. Kain khas Kabupaten Sijunjung ini ikut berpartisipasi.

Yang merupakan pameran produk-produk kain dan kerajinan dengan kualitas premium dari seluruh Indonesia.

Wanita Pengusaha Berprestasi, Tenun Unggan lansek Manih, Indra Yeni salah seorang penenun sekaligus perempuan pelopor Songket Unggan Lansek Manih asal Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, adalah penenun yang penjualan kain, pengusaha IKM Kain Tenun Unggan Lansek

 

 

Berkat Kegigihan Perempuan tangguh ini dalam menjalankan kegiatannya baik sebagai pengrajin maupun sebagai inspirator bagi masyarakat di sekitarnya membuat berbagai macam prestasi dan penghargaan diantarnya adalah.

 

1.Penghargaan sebagai pelestarian budaya dari kementerian desa tertinggal pada tahun 2011

2 .Pemang terbaik Tingkat Nasional UMKM UI kerjasama dengan City bank UKM Centre UI City Mircoprenuership Award 2013

3.Peringkat Terbaik dari women skill pada hari perempuan sedunia, 2014

4.Penghargaan dari Universitas Indonesia setelah mengikuti motivasi dan Training form zero to hero tahun 2015

5.Alumni UMKM Centre Terbaik, sebagai narasumber Terbaik yg selengarakan UI pada tahun 2015

6. Menerima Pengharagan Upakartik kategori Pelopor dari Ditjen , IKM Kementerian Perindustrian Tahun 2017

7.Menjadi Binaan Bank Indonesia Mengikuti Kalangan menengah atas mulai tahun 2016-2018

8. Bekerjasama dengan Australia Untuk Memasarkan Tenun Unggan Lasek Manih sudah mulai tahun 2018

9.2020 Award SKIM Karya

Biar nggak makin penasaran, kamu bisa melihat beragam referensi bisa mengunjungi channel YouTube

 

Tentang Pameran KKI

 

Pengembangan UMKM oleh Bank Indonesia dilakukan untuk mendukung fungsi, tugas, dan kewenangan Bank Indonesia di bidang kebijakan moneter, makroprudensial dan sistem pembayaran. Untuk mendorong UMKM sebagai sumber pertumbuhan, Bank Indonesia melaksanakan program pengembangan UMKM melalui tiga pilar kebijakan, yaitu korporatisasi, peningkatan kapasitas, dan perluasan akses pembiayaan, guna mewujudkan UMKM yang produktif, inovatif, dan adaptif.

 

Pada tahun 2021, KKI diselenggarakan dalam rangkaian kegiatan yang didahului oleh KKI pada Maret 2021 sebagai implementasi movement manager Gernas Bangga Buatan Indonesia (GBBI), Road to KKI untuk mendukung Gernas BBI dan Gernas BWI, dan puncaknya pada penyelenggaraan KKI bulan September 2021.

Pada tahun 2022, Karya Kreatif Indonesia akan dilaksanakan secara hybrid melalui penyelenggaraan kegiatan pameran produk unggulan secara fisik setelah 2 tahun masa pandemi. KKI 2022 mengangkat keindahan pulau Sumatera bagian Selatan dengan tagar  #Swarnadwipa, dengan mengusung tema “UMKM Indonesia Bangkit melalui Digitalisasi dan Globalisasi Menuju Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan”.

KKI yang diharapkan menjadi “The Best Festival  in Promoting Micro, Small, and Medium Enterprise (MSME) to Global Market” dilaksanakan dengan tujuan:
– Peningkatan kreativitas, inovasi dan digitalisasi UMKM.
– Mendorong kerjasama bisnis dalam rangka meningkatkan value added.
– Mendorong pemulihan UMKM di era pandemi COVID-19 melalui perluasan akses pasar dan peningkatan omzet UMKM.
– Mendorong terciptanya sinergi nasional melalui Gernas BBI dan promosi perdagangan luar negeri.
– Memunculkan persepsi positif bagi Bank Indonesia.
Misi:
– Memperkuat sinergi berbagai pihak untuk pengembangan UMKM.
– Memperkuat business matching and relation
– Kualitas produk sesuai trend pasar
– Ekstensifikasi produk bernilai jual lebih tinggi
– Memperluas keikutsertaan pelaku UMKM
– Mendukung Gernas BBI dan BWI serta Presidensi Indonesia pada G20

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *